Ads Top

Apa Reaksi Dunia Ketika Mendengar Tentang Pancasila?



Di depan kelas biasanya ada 2 foto yaitu presiden di sebelah kiri dan wakil presiden di sebelah kanan. Selain itu di bagian tengah agak keatas, kalian juga pasti akan melihat gambar burung Garuda yang dipajang dan selalu terlihat gagah. Kalian pasti tahu dan kenal dengan baik sama Garuda itu. Ya, Itulah Garuda Pancasila lambang negara kita. Di dadanya selalu ada simbol-simbol yang mewakili ideologi nasional atau dasar negara yaitu Pancasila.

Kita semua wajib bangga punya Pancasila. Kenapa? Karena Pancasila sudah terbukti mampu mempersatukan segala perbedaan dari berbagai suku, etnis, budaya dan agama menjadi satu bangsa yaitu Indonesia.

Lalu apa reaksi dunia ketika mendengar tentang Pancasila? Berikut adalah beberapa diantaranya;

1. Tepuk tangan
Bung Karno yang merupakan penggagas Pancasila pernah berpidato mengenai Pancasila di sebuah kongres di Amerika pada tahun 1956. Lalu apa reaksi orang-orang yang ada di sana kala itu? Mereka semua tepuk tangan karena kagum akan isi kelima sila yang terdapat dalam Pancasila.



2. Memuji
Rusia juga pernah menyatakan kekagumannya akan Pancasila. Mereka dengan bangga memuji dan pernah mengatakan bahwa Indonesia pasti akan jadi negara yang sangat besar dan maju jika nilai-nilai Pancasila diterapkan dengan sungguh-sungguh.

Beruntung bangsa Indonesia memiliki Pancasila. Kalau Pancasila dilaksanakan secara sungguh-sungguh, niscaya hal ini akan membawa kebesaran bagi Indonesia.
- Dr. Victor Sumsky, Moscow State Institute of International Relations (MGIMO University)

3. Dinyanyiin
Ada sebuah band dari Perancis bernama The Shaphers yang jatuh cinta sama lagu Garuda Pancasila. Band ini bahkan sempat kolaborasi dengan band lokal di Jogja buat bawain lagu Garuda Pancasila dengan gaya rock indie. Hasilnya keren banget.



4. Mendukung
Komunitas Saint Egidio dari Italia ini juga kagum banget sama Pancasila karena menurut mereka Pancasila bisa mempersatukan banyak perbedaan mulai dari agama hingga budaya. Komunitas ini sangat mendukung Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.



5. Kagum
Orang Jepang juga kagum Pancasila. Mulai dari guru besar, tokoh politik hingga mantan perdana menteri Jepang sendiri menyatakan langsung kekagumannya kepada Pancasila dan ingin belajar tentang Pancasila.(Baca: Guru Besar Jepang Ini Puji Pancasila dan Kebhinekaan di Indonesia)


Banyak negara-negara lain mengamati perkembangan Pancasila, mengaguminya dan bahkan sebagian lain ada yang ingin meniru ideologi Pancasila sebagai ideologi jalan tengah. Karena itu terasa aneh jika ada masyarakat yang menolak dan mengakibatkan perpecahan. Makanya kita belajar agar bisa lebih menerapkan nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila di kehidupan sehari-hari. Jangan cuma hapal lima sila aja tanpa mengerti maknanya.

No comments:

Powered by Blogger.